budidaya ayam kampung

cara budidaya ayam kampung cepat untung

kali ini akan membahas bagaimana cara budidaya ayam kampung agar cepat untung dan menuai untung yang besar, mungkin ini bukan untuk dilakukan peternak kelas besar melainkan usaha sambilan yang biasanya dilakukan oleh orang di pedesaan, biasanya orang kampung di pedasaan cenderung membiarkan ayamnya berkeliaran mencari makan sendiri dan ketika menetas masih harus merawat anaknya sampai tumbuh besar, nah pada saat ituan yang paling menyita waktu bagi para peternak ayam.

disini  akan menerangkan bagaimana cara budidaya ayam kampung agar lebih cepat dari biasanya, konsepnya sederhana kalau biasanya peternak yang dibuat sambilan membiarkan ayamnya mengerami telurnya sendiri sampai membiarkan induknya membesarkan anaknya, hal tersebutlah yang akan kita pangkas karena selama proses tersebut induk tidak akan mau bertelur lagi.
berikut tips singkat cara mempercepat produksi ayam kampung.

cara beternak ayam kampung


  1. pilih indukan yang unggul, biasanya yang paling banyak bertelur akan dijadikan indukan, dan yang paling sedikit bertelur akan dijual.
  2. ambil telur yang ditetaskan induk tadi, tapi jangan semuanya minimal sisakan satu atau dua agar indukan mau menetas lagi di tempat tersebut, taruh telur tadi dalam penetasan agar memangkas waktu indukan untuk bertelur kembali.
  3. kegiatan pada nomor 2 tadi juga dapat menghindari dari mangsa binatang buas seperti biawak dan lain lain.
  4. apabila sudah teur telur tadi sudah menetas pindahkan anakan ayam kampung tadi ke dalam kotak, tempat paling bagus dari kawat agar sinar matahari tetap bisa masuk.
  5. jangan lupa kasih makan konsentrat selama 2-3bulanan agar dapat tumbuh secara maksimal. setelah itu bisa dicampur dengan bekatul atau dedak agar menghemat biaya. ketika umur 3/4bulanan setelah kelihatan ayam mulai besar baru bisa dilepas.
  6. dan untuk implementasi pakan ayam setelah dilepas bisa 2x sehari pagi dan sore.
  7. ulangi kegiatan tadi terus menerus maka hasil yang akan anda dapat akan berlipat dari biasanya.
oke sekian dulu tutorial kali ini dari sembarang info, sampai jumpa di artikel selanjutnya, dan jangan lupa kasih komenya.

Komentar